Montag, 1. August 2016

Pengambilan sel telur

Lanjutan posting sebelumnya : IVF, ketika manusia hanya bisa berusaha

Puji Tuhan, sampai saat ini IVF berjalan lancar sesuai rencana & gak ada hambatan... 
  

5th Visit, 20 Mei 2016 : Cek Sel Telur
Datang ke Klinik untuk di USG dan dicek ada berapa telur yg matang... kata si Prof kira2 ada 8 Sel telur yg matang. Saat itu dinding juga sudah terlihat menebal & kata si Prof sudah siap untuk menerima embryo... 
Disuruh datang lagi hari Senin, 23 Mei untuk Ovum Pick Up  
Untuk prosedur ini akan dilakukan dengan bius total, jadi harus puasa no makan n minum 6 jam sebelumnya... Tetap lanjutkan suntik hormon, dan ada 1 tambahan hormon yg harus disuntikan Sabtu malam, konon kabarnya untuk mematangkan sel2 telur...   

6th Visit, 23 Mei 2016 : Datang bersama suami untuk Ovum Pick Up... Hari ini suami diajdwalkan juga untuk pengambilan sperma.
Setelah melapor ke resepsionis... oya disini tiap kali datang selalu ditanya nama lengkap dan tanggal lahir... mungkin untuk menghindari orang yg salah... repot juga ya kalau sampai sel telur si A salah dimasukkin datanya menjadi si B misalnya... nanti seperti judul sinetron 'Putri yg tertukar' donk hehhehe.... 



Setelah di anamnesa singkat oleh dokter Anestesi dan menunggu sebentar, langsung masuk ke ruang tindakan. Sempat ngobrol2 dulu dengan perawata & dr Anestesi sambil menunggu si Prof datang. Begitu dia datang, langsung deh si dr Anestesi memberi obat & saya pun langsung Zzzzzz..... 

Oiya, di Jerman tidakan-tindakan dengan bius umum boleh dilakukan di Klinik besar, tidak harus di Rumah Sakit seperti di Indonesia. Jadi setelah sadar pasien boleh langsung pulang. 

Setelah Zzzzz.... saya dibangunkan oleh perawat & disuruh pindah ke ranjang yg bisa didorong & dimasukkan ke ruang pemulihan, disana sudah menunggu suami. 
Rasanya lumayan nyut2an, gak lama dr Anestesi pun datang & menanyakan kabar saya... saya bilang "Aduh lumayan sakit ya", kata dia "Oke, saya kasih obat anti sakit ya", & memasukkan obatnya lewat infus. 

Gak lama, seorang gadis muda dari bagian Lab Embryologi mendatangi kita dan menginfokan bahwa ada 10 Sel telur yg diambil, dan info kalau Sabtu, 28 Mei akan dilakuakn Embryo Transfer. Untuk prosedur ini dilakukan tanpa bius total. 

Ngeri2 sedap juga kalo ngebayanin dapat triplets dengan
keadaan kami di rantau tanpa nanny & jauh dari keluarga :D
Gambar diambil dari sini

Lalu si mbak pun menanyakan berapa embryo yg mau dimasukkan, 2 atau 3?

Suami tadinya ngotot untuk memasukkan 3 embryo sekaligus... tapi si mbak bilang "Kita jarang sekali lho masukkan langsung 3 embryo, biasanya untuk kasus2 yg sudah IVF berkali2 dan gagal saja yg kita masukkan 3 embryo."   

Pertimbangannya karena kehamilan dengan semakin banyak jumlah bayi, semakin tinggi pula resikonya.... 
Saya pun ngilu juga ngebayangin seandainya ketiga embryo itu jadi... & saya melahirkan 3 anak sekaligus... mana tinggal di negara orang pula, no nanny.... 
Akhirnya kami pun setuju & menanda tangani persetujuan memasukkan 2 embryo. 

7th Visit, 28 Mei 2016 : Embryo Transfer
Pagi ini cukup tegang dengan tindakan yg akan dilakukan... tapi berusaha untuk tenang dengan berdoa terus.... 
Setelah datang ke klinik & seperti biasa ditanya ulang oleh 3 orang berbeda, nama, & tgl lahir, datang lah dokter yg akan melakukan embryo transfer, & 1 orang dari Lab. 

Berbeda dari pengalaman2 orang yg saya baca, dimana biasanya diterangkan dari 10 sel telur yg diambil berapa yg kualitas excellent, good dsbnya. Pas kejadian saya, sang petugas Lab langsung masuk & bilang "Sie haben 2 schöne Embryos"  (Anda memiliki 2 embryo yg bagus), titik... 
Gak seperti pengalaman Alodita yg bisa liat langsung dengan USG ketika kedua embryo dimasukkan... saya cuma bisa pasrah & percaya aja kalo dokter sudah memasukkan embryo ke dalam rahim saya ahahaha....

Ketika selesai pun, sang dokter nyantai banget menerangkan apa aja yg boleh & gak boleh dilakukan, misalnya: gak boleh berendam dulu, sauna, hubungan suami istri, olah raga berat dll, selain itu mah boleh aja katanya. Juga gak ada kewajiban harus bed rest seperti yg saya baca di pengalaman orang. 

Tapi tetep aja sih, saya parno, apalagi saat ini mertua sedang datang dari Indonesia, mereka ikutan parno juga... jadi antara parno & kesempatan karena ada yg masakkin hehehhe.... saya memilih banyak istirahat, meskipun bukan bed rest sama sekali :D :D 

Next : 2 Weeks Waiting.... 

Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen

Sag deiner Meinung!

Our Partner